Pemuda Indonesia Pengguncang Dunia | Her Contemplations

Pemuda Indonesia Pengguncang Dunia


@khanisaro
Ketika saya membaca informasi mengenai kontes menulis Damn! I Love Indonesia,  bertemakan “Generasi Muda bisa Apa ?” sedikit banyak membuat saya tertarik, namun di sisi lain juga tergelitik. Ya,  jika saya melewatkan begitu saja kontes ini, maka itu membuktikan bahwa saya –sebagai salah satu generasi muda Indonesia— terbukti tak bisa apa-apa. Menggelitik bukan ? kontes ini seakan-akan menantang generasi muda Indonesia untuk turut serta unjuk gigi menunjukkan kebisaan mereka. Saya jadi teringat quotes dari presiden pertama Indonesia, Soekarno dalam suatu pidato beliau mengatakan, “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. See? betapa pentingnya peran pemuda dalam kehidupan berbangsa. Kalian tentu tidak lupa, bukan ? tanpa ada gerakan underground pemuda, Indonesia tidak akan melangsungkan proklamasi kemerdekaan secara independen.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemuda Indonesia, bahkan hingga mengguncang dunia. Di era globalisasi, peran pemuda tentunya bukan lagi dengan mengangkat senjata atau melakukan kudeta, namun kita bisa mulai dengan berkarya dan berinovasi. Perlu contoh ? Oke, saya akan masukkan nama Daniel Mananta dengan clothing brand-nya Damn I Love Indonesia sebagai salah satu contoh pemuda yang sukses berinovasi. Lalu, designer muda Tex Saverio dan Dian Pelangi yang mendunia di bidang fashion. Adapula Raditya Dika dan Pandji yang merintis standup comedy hingga bergaung di Indonesia atau Chris Lesmana dengan design Volkswagen Beetle-nya tahun 2011 silam. Serta pemuda luar biasa lainnya yang tak akan habis, jika saya sebutkan satu per satu.

Merasa masih sulit untuk berkarya atau berinovasi ? Mungkin kalian perlu terjun langsung dalam berbagai komunitas atau gerakan pemuda di Indonesia, untuk berkarya dan berinovasi bersama mereka. Ada banyak pilihan jenis komunitas yang bisa disesuaikan dengan minat kalian, seperti : sosial (Save Street Children, Sahabat Pulau, Club SPEAK), pendidikan (Indonesia Mengajar, Komunitas Jendela, Akademi Berbagi, Komunitas Sokola), kesehatan (Pencerah Nusantara), seni/kreatifitas (Kopi Keliling, Card to Post, Indonesia Bercerita) kepemimpinan (Indonesian Future Leaders/IFL, Young On Top/YOT), lingkungan (Earth Hours, Gerakan Diet Kantong Plastik, Indonesia Berkebun) atau komunitas/forum/gerakan lain yang bisa kalian cari informasinya di internet. Saya percaya, sesungguhnya pemuda Indonesia bisa berkarya dan berinovasi sesuai dengan bidang, minat, dan bakatnya masing-masing. Sehingga suatu saat kelak, Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan pemuda produktif yang menghasilkan karya dan inovasi. Tentu saja hal ini akan terwujud, jika kita tak hanya tinggal diam berpangku tangan dalam menentukan nasib bangsa. Maka, suatu waktu kita ditanya “generasi Indonesia muda bisa apa ?” dengan bangga kita menjawab,”bisa mengguncang dunia”.  #PatriotIsMe #Advan #damniloveindonesia

Tulisan ini disertakan dalam Writing Contest #PatriotIsMe oleh Damn I Love Indonesia dan Advan

Share:

0 komentar

Please kindly leave your comment with your ID